membantu orang tua mempersiapkan masa pensiun.

  • by
membantu orang tua mempersiapkan masa pensiun.

Kalian yang berumur 20an mungkin sebentar lagi orang tua kalian memasuki masa pensiun. Yuk bantu mereka mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Kenapa? Agar mereka memasuki masa senja dengan sejahtera.

Coba tanya ke orang tua kalian kapan masa pensiunnya? Sebaiknya 5-10 tahun sebelum pensiun sudah mulai mempersiapkan. Lebih awal lebih baik lagi. Jangan sungkan utk mendiskusikan hal ini krn kita sebagai anak yg paling bertanggungjawab utk kesejahteraan mereka.

Mendiang ayah saya dulu memasuki masa pra pensiun ketika saya berumur sekitar 25 tahun. Hidup saya sendiri masih susah, baru punya anak kecil. Beban hidup lagi berat beratnya. Kesannya uang pensiun terlihat besaaarr tapi kalau hanya dikonsumsi paling 3 tahun juga udah habis.

Paling sedih kalau lihat keluarga pas ortunya pensiun, malah anak anaknya minta ‘jatah’. Kadang malah uang pensiun dipakai utk jalan2, beli mobil, dsb. Bego bener dah anak2nya. Bukannya dibantuin itu ortunya mengelola dana pensiunnya malah bikin rusuh aja.

Asuransi Kesehatan, Passive Income & Living Cost Untuk Masa Pensiun

Jadi yang pertama adalah beli asuransi kesehatan. Pas kerja kan asuransi dibayarin perusahaan kan. Kalau udah pensiun siapa yg mau nanggung? Premi lumayan mahal krn udah tua, tapi gak papa. Beli aja. Jangan ngandelin BPJS lah, beli aja kalau emang ada uangnya.

Yang kedua, dihitung living cost orang tua utk 2 tahun kedepan perlu berapa. Ini bisa dimasukan ke deposito atau yang lainnya yg likuid dan mudah dicairkan. Jadi misal living cost per bulan 7 juta. Maka ada sekitar 168 juta di deposito.

Yang ketiga, passive income. Orang tua juga harus punya passive income. Apakah mau punya kost kostan dan rumah kontrakan? Mau ternak lele? Mau punya toko kue, mau bertani/berkebun? Bantu mereka hitungkan risiko, modal dan return on investmentnya.

Sebaiknya 2 tahun sebelum benar benar pensiun, usaha ini sudah dimulai. Jadi ketika masuk pensiun passive income nya sudah ada dan menopang hidup orang tua kita. Kalau sudah pensiun baru mulai ya telat krn usaha kan perlu waktu utk menghasilkan.

Wah orang tua saya tertutup masalah keuangan, gimana ya? Adakan sidang keluarga. Anak anaknya semua diundang. Dirembug bersama usaha apa yg mau didirikan, asuransi kesehatan apa yg mau dibeli, dsb. Anak2 jangan malah minta jatah uang pensiun di rapat tsb ya. Awas lho

Kita ingin tentunya orang tua kita hidup sehat, panjang umur, agar cucu cucunya bisa menikmati punya kakek nenek. Kita wajib membuat mereka merasa berdaya di hari tuanya. Membantu mereka mempersiapkan masa pensiun adalah tanda cinta kita pada orang tua.

Let me tell you a story. Saya kenal seorang Ibu usianya 75 tahun. Pas kenalan dan tahu sy orang akuntansi lgsung tanya prospek saham A,B,C. Busyet nih ibu sharp banget, porto sahamnya lebih ‘berani’ drpd saya. Dia juga punya usaha salon dan beberapa apartemen.

Ibu ini tinggal sendirian di Bandung di apartemen. Anaknya 2 tinggal di LN. Kadang2 datang ke Indonesia. Saya juga dikenalkan sama anaknya. Tapi ya ampun umur 75 tahun, ilmu investasinya lebih canggih daripada saya. Hebat bener deh pokoknya.

Nah yang punya pengalaman bagaimana menyiapkan masa pensiun orang tua, bisa share ya di reply. Yuk lah mari kita tingkatkan literasi keuangan, dimulai dari keluarga kita sendiri.

 

Ersa Tri Wahyuni
@ErsaTriWahyuni
Acounting Lecturer at FEB UNPAD. Member of Indonesian Accounting Standard Board (DSAK-IAI). All twits and views expressed are my own.